Laugh as much as you breathe and love as long as you live

Tuesday, August 9, 2011

Seni Mengubah Wajah A.K.A Bian Lian

Seni mengubah wajah dari cina atau yang disebut Bian Lian ini adalah seni dramatis cina kuno yang merupakan bagian dari opera sichuan. Seni tradisional cina ini dulunya sangat terjaga rahasianya, seni bian lian ini diajarkan turun temurun dan hanya keturunan laki-laki saja yang boleh mempelajarinya. Tapi sekarang ini sudah banyak yang mempelajari seni bian lian.
Pemain Opera Sichuan ternama Wang Daozheng pada wawancara tahun 2006 mengatakan bahwa rahasia dari Bian Lian diketahui pada tahun 1986 ketika rombongan pemain Bian Lian Sichuan Opera berkunjung ke Jepang. Wang menyesali atas bocornya rahasia dari seni tradisional masyarakat Cina ini dan prihatin terhadap pemain Bian Lian asing yang ada di Jepang, Singapura, Korea Selatan, dan di seluruh negara yang belum terlatih dengan baik. Wang berpendapat bahawa Bian Lian merupakan seni tradisional Cina yang dilindungi oleh hukum kerahasiaan PRC, namun Departemen Kebudayaan PRC resmi menyatakan hal itu tidak benar. Bian Lian jarang sekali terlihat di Amerika, sebab orang asing tidak diizinkan untuk mempelajari Bian Lian. Rahasia Bian Lian telah diwariskan dari generasi ke generasi berikutnya dalam keluarga. Kenyataannya hanya Pria yang diizinkan untuk mempelajari Bian Lian. Pendapat lama berpikir bahwa tidak tinggal selamanya dalam keluarga kelak perempuan akan menikah, Perempuan cenderung meningkatkan resiko rahasia akan sampai ke keluarga lain. Oleh karena itu seni secara teknis dilarang bagi perempuan. 
Baru-baru ini bintang Pop Hongkong Andy Lau mempelajari rahasia dari seni ini bersama orang terlatih dengan membayar 3.000.000 Yuan (1 Cina RMB:1318.39)



 ini dia rahasia dari seni bian lian
  • Teknik pertama adalah dengan cara menghembus wajah. Dilakukan dengan menggunakan media bantu berupa wadah (semacam mangkuk) yang bisa menyimpan tepung atau bedak warna seperti emas, perak, hitam, putih, merah dan lain sebagainya. Warna bedak pada wadah ini akan ditiup dengan cepat, sehingga melekat ke wajah yang sudah dilabur semacam minyak khusus, sehingga dalam waktu singkat wajah pemain sudah berubah.
  • Teknik kedua adalah mengusap wajah. Hal ini dilakukan dengan gerakan tangan yang seolah mengusap wajah. Rias wajah awal mereka memang telah disiapkan dengan warna yang bisa dihapus dengan cepat. Sejumlah warna ditimpa dalam beberapa lapis. Saat akan mengubah wajah pertama, lapisan teratas diusap, sehingga memunculkan warna di bawahnya. Saat perubahan, kedua warna tersebut dihapus lagi hingga memunculkan warna di bawahnya, demikian seterusnya. Teknik ini dilakukan dengan cepat dalam gerakan tersamar yang tidak disadari penonton.
  • Teknik ketiga adalah menarik wajah. Ini adalah teknik yang paling sukar di antara dua teknik sebelumnya. Cara ini dilakukan oleh pemeran bian lian yang benar-benar ahli. Sebelumnya sudah disiapkan sejumlah pelapis wajah dari bahan yang sangat tipis (sekarang dipakai sutra tertipis). Di lembaran topeng sutra itu, dilukis wajah-wajah yang akan ditampilkan. Lalu masing-masing diberi tali sutra yang halus namun kuat. Tali-tali ini diikatkan ke bagian tubuh seperti tangan, bahu, pinggang dan siku. Dengan gerakan tertentu saat salin rupa, tali yang terikat itu akan ditarik pemain, sehingga memunculkan perubahan wajah yang cepat.

0 comments:

Post a Comment

Avatar The Last Airbender - Appa